Cara Upload File di Dreamstime Lengkap

Misteradli | Tutorial, Nah, sudah tau Dreamstime kan? ya! Dreamstime adalah salah satu situs mikrostock dimana kita bisa titip dagangan berupa foto, Ilustrasi, Video, Audio dsb. Di situs mikrostock file yang kita jual bisa dibeli oleh siapapun dan digunakan oleh siapapun juga. Kecuali untuk Extended Licensed dimana kita jual secara eklusif. Nah, bagi sobat mister yang baru bergabung di Dreamstime dan masih bingung bagaimana cara upload file silakan cek tutorial berikut.

  1. siapkan File yang akan sobat upload, kalau saya pakai ukuran 3000×3000 px sampai 5000x5000px dan bentuknya adalah JPG 24bit. Kamu bisa drag file ke ruang yang disiapkan atau add file (lihat gambar). Di dreamstime kamu diberi jatah bisa mengunggah sampai dengan 7000 file dalam sebulan.
  1. file yang kamu upload akan masuk ke Unfinish Files, di tab ini sobat akan di arahkan mengisi kolom-kolom keterangan file, Yaitu ;
  • File (Nama file)
  • Coment for Editor (Kalo saya tak kosongin)
  • Description (Deskripsi singkat tentang file)
  • Kelompok file (ada 3 pilihan pengelompokan, pilih yang paling mendekati)
  • Keyword (Isi dengan kata kunci terkait file mu agar mudah ditemukan di search engine, maksimal keyword 80 jenis)

menerima file berbentuk vector CorelDRAW

  • Additional Format, disini kamu bisa upload 1 jenis file tambahan. Saya biasanya upload file versi PNG tranaparance atau vector Adobe Illustrator. Salah satu keistimewaan Dreamstime disini menerima file berbentuk vector CorelDRAW! wow (lihat gambar)
  • Kemudian di sisi kanan dekat tombol SUBMIT ada 5 kolom yang bisa kamu centang centang Web Usage, Print usage, Sell the Rights dan Use recomended price. Untuk kolom paling bawah bila file yang sobat upload khusus dijual di Dreamstime saja. Jangan dicentang bila sobat juga bakal jual file itu di situs mikrostok lain. Baca juga Cara Mendapatkan 2000 dolar dari Kontes Desain
  • Di sisi kiri bawah ada 2 kolom berisi Model Releases dan Property Release. (itu hanya pemberitahuan bila sobat menggunakan model manusia dan bangunan dalam file, dibutuhkan apabila untuk klaim originalitas dan izin model yang bersangkutan. Berhubung saya belum pernah pakai fitur ini maka maksud dari keduanya kita bahas lain kali saja..hehe)
  • Terakhir, klik SUBMIT (tombol warna hijau) dan file mu meluncur ke Pending files
  1. Di menu Pending files setiap file yang sobat unggah akan di periksa dulu selama maksimal 48 jam. Apabila telah memenuhi syarat maka file akan tayang (biasanya akan diberitahu juga lewat email). Bila ditolak maka file sobat akan masuk ke menu Refused Files. Dimenu refused files kamu bisa upload kembali filenya dan perbaiki sesuai syarat yang diminta atau tarik dari peredaran.

Okay, segitu aja. Kalau ada yang belum jelas silakan tanya-tanya di kolom komentar. Atau bagi yang mau bergabung di Dreamstime silakan ke link ini. Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *