Cara Mengganti Teks Ke Format Vector Sebelum dieksport Ke PDF

Alamister | Tutorial | Sobat-sobat yang pernah mendesain brosur, leaflet, koran, majalah dan sebagainya pasti selalu memasukkan artikel dalam bentuk teks/huruf kedalam lembar desain. berikut artikel bagaimana mengganti teks Ke format vector.
Ada dua cara memasukkan teks.Yaitu langsung memasukkan teks dengan klik Text Tool (F8) biasanya untuk kalimat yang tidak terlalu panjang. Dan cara kedua dengan membuat kolom khusus (bingkai/frame) dengan langkah pilih Text Tool (F8) lalu drag (membentuk kotak/frame) yang kemudian kolom tersebut diisi teks, cara kedua biasanya dilakukan untuk kalimat yang cukup panjang, berparagraf (artikel).
Namun, kekurangan bila kita menggunakan cara 2 (bingkai/frame) adalah teks didalam frame tidak sensitif terhadap perubahan ukuran bingkai karena ukuran font tetap.
Sehingga terkadang kalimat dalam frame tidak kelihatan (frame jadi berwarna merah) saat frame kita kecilkan.
Hal serupa juga kerap terjadi saat desain jadi akan di cetak. Teks yang sudah pas posisinya terkadang bergeser padahal sebelumnya sudah presisi.
Hal tersebut terjadi biasanya karena beda pengaturan aplikasi antara komputer sobat dengan komputer percetakan. Satu hal lagi adalah karena tidak tersedianya font yang sobat pakai di komputer percetakan.
Bagaimana mengatasi hal tersebut ? Sobat cukup meng-convert mode teks dalam lembar desain ke format vector sebelum di eksport kebentuk PDF.

Untuk menghindari missing font

Cara Mengganti teks Ke format vector adalah sebagai berikut :
1. Teks yang belum di convert masih menampilkan jenis font dan ukuran font
scr 1
1. Pilih Edit (di Toolbar Atas) > Select All > Text
scr 2
 
 
2. Tekan Ctrl + Q
 
3. Teks sudah berubah ke format vector terlihat dari garis batas frame sudah tidak ada lagi termasuk Jenis dan ukuran font yang tadinya muncul sudah berganti dengan logo Ungroup dan Ungroup All.
scr 3
4. Untuk memastikan, pilih teks yang sudah di convert lalu pilih Shape tool (F10) bila sudah berhasil diconvert, huruf tadi tidak akan terlihat lagi, berganti dengan nodes-nodes (sudut/titik temu antar garis) dengan bingkai berwarna merah, saat di perbesar, teks sudah dalam bentuk objek yang dihubungkan dengan titik-titik shape.
scr 4
4. Agar desain tidak berubah bergerak lagi Group semua elemen yang terdapat dalam desain sebelum di eksport ke PDF.
Sip, simple kan ? silakan dicoba.
loading…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *